Sebelumnya saya mohon maaf apabila anda tidak dapat mengcopy isi tulisan dari halaman ini.
Hal ini demi menjaga keotentikan isi tulisan, terima kasih.


Semoga blog ini bermanfaat untuk kita semua :)

Rabu, 11 Januari 2012

Menjamurnya Hedoisme di Kalangan Mahasiswa


 picture from: http://ipmbantul.org/wp-content/uploads/2011/09/hedonisme.jpg


Di zaman era globalisasi ini kita tahu bahwa banyak sekali perubahan yang terjadi, baik di bidang teknologi maupun budaya. Dengan demikian  pola dan gaya hidup masyarakat pun ikut berubah. Perubahan gaya hidup yang mecolok terjadi pada kalangan muda, khususnya mahasiswa.
Pada zaman sekarang ini banyak sekali budaya hedonisme yang terjadi di kalangan mahasiswa. Budaya hedonisme adalah pandangan yang menganggap kesenangan dan kenikmatan meteri sebagai tujuan utama hidup.

Budaya hedonisme yang terjadi di kalangan mahasiswa pada umumnya  didasarkan atas gengsi ataupun ego yang tertanam pada diri mereka. Dimulai dari gaya hidup yang berlebihan, baik dalam hal berpakaian, pemenuhan kebutuhan, dan sikap yang hanya mementingkan kesenangan hidup.
Mereka hanya merasa bahwa tujuan hidup ini memang hanya untuk bersenang-senang. Bahkan ada ungkapan yang sering timbul dari mahasiswa “mumpung masih muda, jadi enjoy saja..”. Padahal tidak ada yang tahu sampai kapan kita akan hidup di dunia ini.
Budaya hedonisme di kalangan mahasiswa juga tidak lepas dari dampak negatif perkembangan teknologi yang semakin canggih serta kontaminasi dari pengaruh-pengaruh budaya barat.
Yang lebih parah lagi, budaya hedonisme pada zaman sekarang ini lebih mengarah kepada seksual dan liberalisme. Seperti yang terlihat, di sekeliling kita sekarang ini sudah banyak menjamur pergaulan-pergaulan bebas yang di lakukan oleh mahasiswa. Mereka berfikir bahwa apa yang mereka lakukan bukan sesuatu hal yang berdampak besar. Naudzubillahi min zalik
 Sebenarnya sudah ada tuntunan dalam menjalani kehidupan ini yaitu Al Quran dan Hadits. Kita selaku mahasiswa seharusnya mampu bersiakap proporsional dalam menjalani kehidupan ini, serta mengingat bahwa hidup ini sebenarnya fana, dan seluruh harta yang ada di dunia ini hanya titipan dari Allah yang harus kita jaga dan kita manfaatkan untuk kebaikan.

Terima kasih telah membaca :)
Semoga postingan ini bermanfaat
Kritik dan saran yang membanun sangat diperlukan oleh penulis

note: sebagian dikutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

2 komentar:

rosdiana.rg mengatakan...

adanya sebuah titik berupa pedoman dan acuan sangat penting diingat dalam melakukan semua tindakan. posting yang bagus dan membangun :)

IMM FP UMY mengatakan...

mumpung masih muda, jadi enjoy saja...
memang seperti itulah ungkapan yang sering dilontarkan generasi muda. postingan yang memberikan gambaran beberapa realita. anda juga mengaitkannya dengan al qur'an dan hadits...

Posting Komentar